Mahasiswa

reformasi98Orientasi hidup mahasiswa zaman sekarang sudah berubah drastis, tak lagi kritis, idealis apalagi ‘tuk jadi aktivis. Diganti dengan sikap materialistis, apatis dan individualistis. Entah siapa yang salah realita tersebut berkembang dizaman yang membutuhkan figur-figur baru untuk merubah dan meneruskan eksistensi bangsa.
Di kampus ada 3 kategori sifat mahasiswa, Pertama akademisi, Kedua Organisatoris, dan Ketiga hedonis. Dari ketiga sifat tersebut yang menurut saya paling merugikan adalah hedonis, Karena sifat tersebut istilahnya adalah hanya kuliah pulang-kuliah pulang tak memikirkan betapa beruntungnya mereka yang bisa melanjutkan kuliah dan merasakan pendidikan yang tinggi tapi hanya diisi dengan foya-foya serta tak peduli dengan pendidikan.
Sifat akademisi adalah mereka yang melulu berkutat pada pendidikan dan bagaimana caranya meningkatkan skill serta nilai, mereka yang bersifat seperti ini biasanya selalu belajar dan belajar juga sifat ini membantu mahasiswa yang menyelesaikan studinya lebih cepat dari sifat-sifat lainnya. Sifat ini berguna ketika melamar pekerjaan karena mempunyai indeks prestasi yang tinggi, tapi hanya sebatas sebagai daya tarik saja untuk mendapatkan waktu interview.
Sedangkan organisatoris adalah mereka yang senang akan memanage diri sendiri ataupun orang lain dan sifat ini menurut saya lebih baik dari hedonis. Organisatoris tak melulu hanya berorganisasi dan mengenyampingkan studi, tapi lebih dari itu berorganisasi sangat memikirkan bagaimana anggotanya dapat berkembang baik dalam dunia pendidikan ataupun pemerintahan. Berorganisasi baik itu ekstra atau intra akan bermanfaat nanti ketika mereka yang bersifat ini telah menyelesaikan studinya, dan akan terlihat bagaimana nanti mereka yang organisatoris mana yang tidak bekerja dalam satu tim.
Dari ketiga sifat diatas jikalau digabungkan antara akademis dan organisatoris dan sama-sama dijalankan dengan optimal saya jamin mereka akan menjadi calon-calon penerus bangsa yang berkepribadian baik, mempunyai skill dibidangnya, rasa social yang tinggi dan yang lebih penting lagi mempunyai pemikiran-pemikiran yang revolusioner dan berguna.

Tagged:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: