Arsip Kategori: Sosial

Februari 2011

Udah lama gak nulis jadi sedkit kaku buat mulai, cari inspirasi sana-sini tapi gak ketemu juga akhirnya nyari stimulus lewat koran-koran bekas nan jadul buat mulihin ketikan tangan yang dari dulu sampai sekarang masih aja bodoh soal tulis-menulis πŸ˜€ .

Dunia perblogingan sama kaya dunia persilatan dan mungkin juga sama dengan rimba alias hutan yang kuat dialah yang menang, yang eksis dia lah yang narsis πŸ˜† (halah bahasanya sok-sokan) .

Bagi diriku yang jarang nulis alias males dan tidak konsisten ini, boro-boro mengharapkan dikenal dalam dunia blog yang semakin dinamis untuk bertahan “hidup” aja susahnya gak ketulungan, tapi biar deh yang penting masih punya nulari eh naluri blog buat sesama umat manusia.

Hmmm udah deh mengolok-olok diri sendiri yang gak penting tapi perlu anda ketahui pemirsa.. hiks..hiks… (udah kaya rosiana silalahi yang bintang pelem ntu, eh salah pembawa acara berita kayaknya πŸ˜† ).

Sekarang kembali menceritakan 2 bulan yang lalu dimana saya gak pernah nulis walau masih nengokin blog ini, kebiasaan dan alasan mahasiswa adalah SOK SIBUK!! padahal mah kerjaannya kalo abis kuliah yah kalo gak ngerjain tugas paling maen atau kalo gak tidur dan yang tetap paling saya suka adalah berorganisasi, yah semenjak awal masuk kuliah saya sangat suka dan aktif banget di dunia organisasi kampus, baik itu extra maupun intra dan primordial semua ambil untuk menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman kelak nanti. Baca lebih lanjut

Iklan

Latahnya Budayaku

upzzz bukannya mau mengkritik tanpa dasar nih, tapi ini hanya luapan emosional tanpa amarah dari saya saja dan saya harap anda mengerti dan maklum adanya πŸ˜† .

Bukan, tulisan ini gak mengurai dan menelaah kenapa mpok atik latah tapi ini masalah yang lebih besar dari itu bung (koq dibanding-bandingin ama mpok atik yah??? saya aja bingung koq πŸ˜† ).

Ya ini menyoal problematika budaya yang cukup serius nan lucu tapi asyik juga sih hehehe. Apalagi kalau bukan sifat konsumtif bangsa ini (termasuk saya juga sih mungkin) .

Di negara entah berantah nan raksasa di benua sana,Β  orang menggunakan salah satu alat itu untuk membantu meringankan pekerjaannya alias menggunakan produk sesuai fungsi dan kapasitasnya, jadi contohnyaΒ  jika orang mempunyai handphone yang mempunyai fasilitas canggih serta mutakhir pasti orang tersebut mempunya aktifitas yang harus ditunjang oleh barang-barang tersebut jika tidak mau ketinggalan dalam orientasi kerjanya bukan image atau gengsi semata kawan πŸ˜† .

Nah sebetulnya dinegara ane juga seperti itu, alias menggunakan sesuatu sesuai fungsinya tapi itu hanya sebatas orang-orang yang mempunyai jiwa konsumtif yang cenderung menganut asas manfaat berbeda dengan salah satu kawan saya (maaf ya sob lu dijadiin objek tapi moga lu dapet ilmunya juga ya… ) yang cenderung menganut asas konsumsi yangΒ  mencapai stadium lanjut yakni gengsi kalau gak memiliki sesuatu brand tanpa diiringi manfaatnya. Baca lebih lanjut

help me!!!!!!

Jadi gimana kita??

Tanya seorang kawan ketika ngobrol disalah satu pojok kamar kost. Ya, sudah 3 hari sebenernya saya dan kawan-kawan punya rencana untuk membuat jurnal organisasi, tapi sempat tak bisa berlanjut karena banyak kesibukan masing-masing.

Kembali pada pertanyaan teman saya itu yang nanya gimana kelanjutan konsep, dan tetek bengeknya, yang sebenernya udah siap tapi masih ada kendala yang aslinya sih sepele tapi koq jadi susah, cuma karena sebuah nama buat jurnalnya aja jadi mandeg.

Sepele tapi ternyata jadi kendala juga, memang teman-teman pengen nama buat jurnal yang gak biasa yang contohnya news, warta, suara dan bejibun nama yang sering terdengar jika membaca sebuah media cetak.

Sebenernya kita(organisasi)Β  sudah pernah membuat jurnal atau buletin, tapi itu sebelum angkatan saya dan udah terjadi sekian tahun yang lalu dan sekarang mati, nah sekarang pengen dibangkitin lagi (emangnya vampire πŸ˜† ), jadi bingung apa masih make nama yang dulu atau ambil nama baru.

saya yang kebagian buat nyari nama pun jadi agak kebingungan, padahal deadline sudah 5 hari lagi buat launchingnya.

teman-teman ada yang bisa bantu gak? nyari nama buat jurnal yang aneh tapi mempunyai filosofi yang keren?

apaan sih?

Sebenernya aku gak tau apa istimewanya hari ini, dan memang aku mengganggap hari ini sama dengan hari hari biasa (kecuali hari libur, itu baru istimewa eheheh). Tapi setelah bolak-balik facebook dan twitter, ternyata baru tau kalo hari ini adalah april mop, aku sendiri gak tau apa sih hebatnya hari ini? cuma sedikit denger-denger (gak mau banyak-banyak ah) kalau april mop itu hari dimana orang bebas ngerjain atau mengusili(awal katanya usil yah πŸ˜† ) temannya sampai bener-bener nangis dah pokoknya. But tau tuh bener gak, tapi insting mencariku cukup kuat (kadang-kadang aja) akhirnya aku bertanya ama paman wikipedia atas saran dari abang google. Tapi ada juga keterangan dari Pos Kota, cuma sedikit berbeda antara Pos Kota dan Wikipedia, tapi disini aku lebih memilih wikipedia.

Dan hasilnya adalah salah heheheeh….Yang bener itu (menurut paman wikipedia sih) hari dimana boleh berbohong tanpa merasa bersalah. Baca lebih lanjut

Cinta dan Benci

Kata orang cinta itu indah…..
Kata orang cinta itu bahagia…
Kata orang cinta itu sejuta rasanya….

Ya memang sejuta rasanya, kadang benar apa yang disebutkan seorang sahabat bahwa cinta itu asik dan indah, tapi jika ditanya sahabat sebelah, cinta itu rapuh dan goyah. Ya cinta tak lebih dari lima huruf yang membuat perbedaan disetiap hati orang. Ayah yang rela banting tulang untuk membuktikan cinta pada sang anak, seorang cowok keren yang rela mengeluarkan jurus ampuhnya agar terlihat lebih keren didepan pujaan hatinya (baca: berbohong mungkin πŸ˜† ).

Benci itu hitam…..
Benci itu rusak……

Itu kata orang yang mempunyai hati ( semua orang juga punya hati kalee ). Ya benci adalah hak setiap manusia, setelah dikhianati pasti tinggallah benci bersemayam di hati atau setelah mendapatkan sesuatu yang benar-benar tidak disuka (mungkin). Benci adalah suatu sikap yang ingin ditonjolkan pada oarang bahwa dia benar2 tidak suka akan satu hal, tapi mungkin juga salah.

Cinta dan benci adalah sama-sama berasal dari perasaan yang membedakan mungkin cara ekspresinya disebabkan oleh sebab-sebab tertentu. Tapi bukan berarti dua kata ini berlawanan, kadang 2 kata ini adalah bumbu manis yang bisa saling melengkapi. Baca lebih lanjut

Ramenya Februari

Bulan kedua dalam setahun kali ini banyak sekali peristiwa yang cukup menarik untuk diikuti. Awal februari tahun ini berbeda dengan tahun kemarin, yaitu mulainya liburan akhir semester yang tahun kemarin mulai libur sekitar pertengahan sekarang mulai dai awal sudah libur. Di februari juga ‘gak ada yang namanya tanggal 29 (kecuali tahun kabisat πŸ˜† ). Tepat 40 hari kepergian mantan persiden ke 4 juga ada di bulan ini. Kemudian hari imlek juga terjadi di bulan yang tahun ini berakhir pada tanggal 28. Bulan ini juga kalo kata anak muda adalah bulan cinta karena ada tanggal 14 disitu yang dianggap sebagai hari valentine.

Sepertinya di bulan ini juga akan berakhir drama di negeri ini yang menyeruak sekitar 2 bulan yang lalu, sampai-sampai menyeret petinggi-petinggi di negara ini. Bagaimana repotnya anggota DPR yang tergabung dalam Pansus memanggil tokoh-tokoh di negeri ini dan melakukan rapat hingga larut berakhir di bulan ini dan akan menghasilkan keputusan yang kemungkinan akan dibacakan dibulan ini juga kemudian akan terjadi lagi drama yang benar-benar lebih dari drama sebelumnya atau berhenti dengan antiklimaks.

Ya setelah media massa mengeksplose skandal bank century yang katanya bernilai 6,7 triliun itu, masyarakat semakin terbangun opini bahwa ada ketidak beresan atau memang beres dalam krisis yang melanda dunia yang dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang cukup jeli melihat peluang untuk melakukan pelanggaran. Tapi kita sebagai masyarakat awam hanya bisa melihat dan memberi saran yang mungkin didengar atau tidak, dan hanya bisa berharap berakhir dengan klimaks karena untuk mengusut skandal itu memerlukan dana rakyat yang tidak sedikit, jangan sampai seperti drama yang sudah-sudah yang berakhir antiklimaks.

Tapi yang pasti di bulan ini pasti rame dari muda-mudi yang merayakan valentine maupun situasi negara kita yang semoga rame tapi kondusif.

Sejarah

Tadi malam sempat ngobrol-ngobrol ama tetangga sebelah, mulai dari obrolan yang ringan sampai yang agak keras seperti kayu. Mulai dari obrolan yang terupdate sampai yang nggak tahu tahun kapan. Tiba sampai obrolan mengenai sejarah. Ya, sejarah memang sangat enak untuk disimak, apalagi didengar dari orang-orang yang tahu persis.

Mulai dari pengertian sejarah sendiri, sampai sejarah tentang Islam, dunia, sampai tokoh-tokoh sangat penting untuk kita ketahui, karena sejarah mencerminkan suatu individu atau bangsa, seperti yang pernah diungkapkan Bung Karno “Jasmerah= Jangan sekali-kali melupakan sejarah”.

Sejarah tak lepas dari hitam dan putih seperti kisah Pandawa dan Kurawa, tapi sejarah juga terbias warna abu-abu, yakni tak kita ketahui mana yang patut dan tidak seperti ketika zaman orde lama dan baru. Sejarah tak bisa dipandang dari satu sisi karena akan mengurangi obyektivitas mengenai sejarah tersebut. Harus dilihat dari sudut yang lain atau kalau buku harus dilihat dan dibaca dari beberapa buku dengan judul yang sama tapi berbeda penulis.

Saya jadi ingat, dulu saya pernah ngobrol-ngobrol dengan kakak kelas saya sambil diiringi beberapa gelas kopi, berbicara mengenai sejarah juga, menurut beliau (teman saya itu), :

Ketika sejarah dibuka lepas dan terbuka tanpa tedeng aling-aling dan diselingi dengan pantangan serta mitos, maka sejarah itu akan jadi bahan tertawaan dan hinaan bagi generasi saat ini yang tak mengerti dan paham akan itu,

karena sejarah tak melulu mengulas hal yang manis tapi juga pahit bak buah maja, maka biarlah adanya sejarah seperti itu tak usah kita terlalu larut akan semuanya.ujar temen saya

Baca lebih lanjut